ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK DENGAN MASALAH PERUBAHAN PERSEPSI PADA TN.
D DI
WILAYAH DESA SEPATNUNGGAL RT03
RW 01 KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP
Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Departemen Keperawatan Komunitas
Program Profesi Ners
Oleh :
AYU PRAGISTA R, S.Kep
NPM. 4012210010
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN (STIKES)
BINA PUTERA BANJAR
TAHUN 2021
ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK DENGAN MASALAH PERUBAHAN PERSEPSI PADA TN.
D DI
WILAYAH DESA SEPATNUNGGAL
RT03 RW 01 KECAMATAN
MAJENANG KABUPATEN CILACAP
I.
IDENTITAS
a.
Nama :
Tn. D
b.
Jenis
Kelamin :
Laki-laki
c.
Umur : 65
tahun
d.
Agama :
Islam
e.
Status
Perkawinan : Kawin
f.
Pendidikan
Terakhir : Tidak
Sekolah
g.
Sumber
Pendapatan : Bertani
h.
Keluarga
yang dapat dihubungi : Ny. C
i.
Riwayat
Pekerjaan : Petani
j.
Alamat
Rumah :
Solojambe RT 3 RW 01, Sepatnunggal
II.
RIWAYAT KESEHATAN
1.
Keluhan
yang dirasakan saat ini: Pandangan kabur
2.
Keluhan
yang dirasakan tiga bulan terakhir:
Pusing, kedua
lutut sakit, mata sakit, dan pandangan kabur
3.
Masalah
kesehatan keluarga/keturunan: Tidak ada
III.
PENGKAJIAN STATUS FISIOLOGIS
1.
Postur
Tulang Belakang: Pinggang kadang-kadang sakit
2.
Tanda-tanda
vital: TD: 110/80mmHg, N: 78x/menit, RR: 20x/menit, S: 36,4oC
3.
Status
Gizi Lansia: Baik
IV.
PEMERIKSAAN FISIK
No |
Pemeriksaan
Fisik |
Metode
Pemeriksaan |
|||
Inspeksi |
Palpasi |
Auskultasi |
Perkusi |
||
1. |
Keadaan Umum |
TD:
110/80mmHg, N: 78x/menit, RR: 20x/menit, S: 36,4oC Kesadaran:
CM, Statu Gizi: Baik |
|||
2. |
Sistem Kardiovaskuler |
Ictus cordis
tidak terlihat |
Ictus cordis
tidak teraba |
Irama reguler |
Pekak |
3. |
Sistem Pernafasan |
Dada simetris |
Vokal
fremitus teraba |
Vesikuler |
Sonor |
4. |
Sistem
Persarafan |
Kesadaran
compos mentid, tidak ada keluhan |
|||
5. |
Sistem Pencernaan |
Tidak ada
lesi |
Tidak ada
nyeri tekan |
Bising usus
10x/menit |
Tympani |
6. |
Sistem
Perkemihan |
Dbn |
Tidak ada
nyeri tekan |
Tidak
terdengar bruid |
Tympani |
7. |
Sistem
Endokrin |
Tidak tampak
benjolan |
Tidak teraba benjolan |
|
|
8. |
Sistem
Pancaindera |
Mata:Simetris,
tidak anemis Hidung&telinga
tidak ada serumen |
Tidak ada
nyeri tekan pada telinga, hidung, pendengaran berkurang Mata sakit, pandangan
kabur |
|
|
9. |
Sistem Integumen |
Tidak tampak
kelainan kulit |
|
|
|
10. |
Sistem Muskuloskeletal |
Tidak ada
kelainan |
Tidak ada
nyeri tekan |
|
|
11. |
Sistem Reproduksi |
Tidak ada
keluhan |
|||
12. |
Sistem Imun&Hematologi |
Tidak ad
keluhan, dbn |
|||
13. |
Riwayat Penyakit/Alergi |
Tidak ada |
|||
14. |
Penggunaan alat bantu/protesa |
Tidak ada |
|||
15. |
Analisa Masalah Kesehatan |
Penurunan
fungsi pancaindera: pendengaran dan penglihatan |
V.
PENGKAJIAN PERILAKU TERHADAP KESEHATAN
1.
Kebiasaan
merokok : Klien merokok bako
2.
Kebiasaan
minum kopi : Klien minum kopi hitam
sehari ± 2x
3.
Kebiasaan
olah raga : Klien tidak ada olah
raga yang spesifik, tetapi klien terbiasa ke sawah jalan kaki.
4.
Kebiasaan
minum alkohol: Tidak ada
VI.
PENGKAJIAN AKTIVITAS
1.
Biologis
a.
Pola
pemenuhan kebutuhan sehari-hari
1)
Pola
makan : Klien makan 3x sehari
2)
Pola
minum : Klien minum ± 6 gelas per
hari
3)
Pola
tidur : Klien jarang tidur
siang, tidur malam ± 6-8 jam
4)
Pola
eliminasi : Bab 2x sehari, Bak dbn
5)
Aktivitas
sehari-hari: Klien biasanya pergi ke sawah atau ke kebun
6)
Rekreasi : Klien jarang pergi ke luar rumah
untuk rekreasi
b.
Pengukuran
resiko jatuh berdasarkan Ontario Modified Stratify-sydney Scoring untuk
Geriatri
No |
Parameter |
Skrining |
Jawaban |
Keterangan
Nilai |
Score |
1. |
Riwayat
Jatuh |
Apakah
pasien datang ke rumah sakit karena jatuh? |
Tidak |
Salah
satu jawaban Ya= 6 |
0 |
Jika
tidak, apakah pasien mengalami jatuh selama 2 bulan terakhir? |
Tidak |
||||
2. |
Status
Mental |
Apakah
pasien delirium? (Tidak dapat membuat keputusan, pola pikir terorganisir,
gangguan daya ingat) |
Tidak |
Salah
satu jawaban Ya= 14 |
14 |
Apakah
pasien disorientasi?(salah menyebutkan waktu, tempat atau orang) |
Tidak |
||||
Apakah
pasien mengalami agitasi?(ketakutan, gelisah, dan cemas) |
Ya |
||||
3. |
Penglihatan |
Apakah
pasien memakai kacamata? |
Tidak |
Salah
satu jawaban Ya= 1 |
1 |
Apakah
pasien mengeluh adanya penglihatan buram? |
Ya |
||||
Apakah
pasien mempunyai glaukoma katarak/degenerasi macula? |
Tidak
|
||||
4. |
Kebiasaan
berkemih |
Apakah
terdapat perubahan perilaku berkemih (frekuensi, urgensi, inkontinensia,
nokturia) |
Tidak
|
Salah
satu jawaban Ya=2 |
0 |
5. |
Transfer
(dari tempat tidur ke kursi dan kembali lagi ke tempat tidur) |
Mandiri
(boleh menggunakan alat bantu jalan) |
0 |
Jumlah
nilai transfer dan mobilitas jika nilai total 0-3 maka skor= 0 Jika
nilai total 4-6 maka skor= 7 |
0 |
Memerlukan
sedikit bantuan (1 orang)/ dalam pengawasan |
1 |
||||
Memerlukan
bantuan yang nyata (2 orang) |
2 |
||||
Tidak
dapat duduk dengan seimbang, perlu bantuan total |
3 |
||||
6. |
Mobilitas |
Mandiri
(Boleh menggunakan alat bantu jalan) |
0 |
0 |
|
Berjalan
dengan bantuan 1 orang (verbal/fisik) |
1 |
||||
Menggunakan
kursi roda |
2 |
||||
Imobilisasi |
3 |
||||
Jumlah
total skor |
15 |
Keterangan
0-5 : Resiko ringan
6-16 : Resiko sedang
17-30 : Resiko tinggi
Berdasarkan pengukuran
resiko jatuh di atas, klien memiliki resiko jatuh sedang.
c.
Tingkat
kemandirian dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan Barthel Indeks
No |
Aktivitas |
Nilai |
|
Bantuan |
Mandiri |
||
1. |
Makan |
|
10 |
2. |
Berpindah
dari kursi roda ke tempat tidur dan sebaliknya, termasuk duduk di tempat
tidur |
|
15 |
3. |
Kebersihan
diri, mencuci muka, menyisir, mencukur, dan menggosok gigi |
|
5 |
4. |
Aktivitas
toilet |
|
10 |
5. |
Mandi |
|
5 |
6. |
Berjalan
di jalan yang datar (jika tidak mampu berjalan lakukan dengan kursi roda) |
|
15 |
7. |
Naik
turun tangga |
|
10 |
8. |
Berpakaian
termasuk mengenakan sepatu |
|
10 |
9. |
Mengontrol
defekasi |
|
10 |
10. |
Mengontrol
berkemih |
|
10 |
|
Jumlah |
100 |
Keterangan:
0-2 : Ketergantungan
21-61 : Ketergantungan berat/sangat ketergantungan
62-90:
Ketergantungan sedang
91-99 : Ketergantungan ringan
100 : Mandiri
Berdasarkan
tabel di atas klien termasuk dalam tingkat kemandirian yang mandiri.
2.
Psikologis
1)
Stabilitas
emosi : Emosi klien stabil
2)
Stressor
jangka pendek dan panjang: Tidak ada
3)
Kemampuan
berespon terhadap situasi/stressor: Jika ada masalah dengan istri klien
terkadang emosi.
4)
Strategi
koping yang digunakan: Jika sedang ada masalah dengan istri klien diam.
5)
Stretegi
adaptasi disfungisonal: Klien menyadari penglihatan dan pendengaran yang
berkurang
6)
Pengkajian
psikososial tambahan
a.
Masalah
emosional
Pertanyaan
tahap 1
1)
Apakah
klien mengalami susah tidur? Tidak
2)
Apakah
banyak masalah atau banyak pikiran? Tidak
3)
Apakah
pasien murung atau menangis sendiri? Tidak
4)
Apakah
pasien sering was-was atau khawatir? Ya
Pertanyaan tahap 2
1)
Keluhan
lebih dari 3 bulan atau lebih dari 1 bulan 1 kali dalam sebulan? Tidak
2)
Ada
masalah atau banyak pikiran? Tidak
3)
Menggunakan
obat tidur atau penenang atas anjuran dokter? Tidak
4)
Cenderung
mengurung diri: Tidak
Berdasarkan pengkajian emosional tersebut, klien tidak mengalami
gangguan emosional.
b.
Pengukursn
Tingkat Depresi berdasarkan Geriatric Depresion Sale (GDS)
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
|
Ya |
Tidak |
||
1. |
Apakah
bapak/ibu sekarang ini merasa puas dengan kehidupannya? |
Ya |
|
2. |
Apakah
bapak/ibu telah meninggalkan banyak kegiatan atau kesenangan akhir-akhir ini? |
|
Tidak |
3. |
Apakah
bapak/ibu sering merasa hampa/kosong dalam hidup ini? |
|
Tidak |
4. |
Apakah
bapak/ibu sering merasa bosan? |
Ya |
|
5. |
Apakah
bapak/ibu sering merasa mempunyai harapan yang baik di masa depan? |
Ya |
|
6. |
Apakah
bapak/ibu mempunyai pikiran jelek yang mengganggu terus-menerus? |
|
Tidak |
7. |
Apakah
bapak/ibu memiliki semangat yang baik setiap saat? |
Ya |
|
8. |
Apakah
bapak/ibu takut bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi pada anda? |
Ya |
|
9. |
Apakah
bapak/ibu merasa bahagia sebagian besar waktu? |
Ya |
|
10. |
Apakah
bapak/ibu sering merasa tidak mampu berbuat apa-apa? |
|
Tidak |
11. |
Apakah
bapak/ibu sering merasa resah dan gelisah? |
Ya |
|
12. |
Apakah
bapak/ibu lebih senang tinggal di rumah daripada keluar dan mengerjakan
sesuatu? |
|
Tidak |
13. |
Apakah
bapak/ibu sering merasa khawatir tentang masa depan? |
Ya |
|
14. |
Apakah
bapak/ibu akhir-akhir ini sering pelupa? |
Ya |
|
15. |
Apakah
bapak/ibu pikir bahwa hidup bapak/ibu sekarang ini menyenangkan? |
Ya |
|
16. |
Apakah
bapak/ibu sering merasa sedih dan putus asa? |
|
Tidak |
17. |
Apakah
bapak/ibu merasa tidak berharga? |
|
Tidak |
18. |
Apakah
bapak/ibu sering merasa khawatir tentang masa lalu? |
|
Tidak |
19. |
Apakah
bapak/ibu merasa hidup ini menggembirakan? |
Ya |
|
20. |
Apakah
bapak/ibu merasa kesulitan dalam memulai kegiatan baru? |
|
Tidak |
21. |
Apakah
bapak/ibu merasa penuh semangat? |
Ya |
|
22. |
Apakah
bapak/ibu merasa situasi sekarang tidak ada harapan? |
|
Tidak |
23. |
Apakah
bapak/ibu berpikir bahwa orang lain lebih baik keadaannya daripada bapak/ibu? |
|
Tidak |
24. |
Apakah
bapak/ibu sering marah karena hal-hal sepele? |
Ya |
|
25. |
Apakah
bapak/ibu sering merasa ingin menangis? |
|
Tidak |
26. |
Apakah
bapak/ibu sulit berkonsentrasi? |
|
Tidak |
27. |
Apakah
bapak/ibu merasa senang waktu bangun tidur di pagi hari? |
Ya |
|
28. |
Apakah
bapak/ibu tidak suka berkumpul di pertemuan sosial? |
|
Tidak |
29. |
Apakah
bapak/ibu merasa mudah dalam mengambil keputusan? |
Ya |
|
30. |
Apakah
pikiran bapak/ibu masih tetap mudah dalam memikirkan sesuatu seperti dulu? |
|
Tidak |
Jumlah |
7 |
Keterangan:
0-10 : Not Depressed
11-20 : Mild Depressed
21-20 : Sever Deprssed
Berdasarkan
tingkat depresi diatas, jumlah nilai klien 7 artinya klien termasuk kategori
not depressed.
c.
Pengukuran
Tingkat Kerusakan Intelektual berdasarkan Short Portable Mental Status Quesioner
(SPMSQ)
No |
Pertanyaan |
Jawaban |
|
Benar |
Salah |
||
1. |
Tanggal
berapa hari ini? |
√ |
|
2. |
Hari
apa sekarang? |
√ |
|
3. |
Apa
nama tempat ini? |
√ |
|
4. |
Dimana
alamat anda? |
√ |
|
5. |
Berapa
umur anda? |
|
√ |
6. |
Kapan
anda lahir? |
|
√ |
7. |
Siapa
presiden Indonesia? |
√ |
|
8. |
Siapa
presiden Indonesia sebelumnya? |
|
√ |
9. |
Siapa
nama ibu anda? |
√ |
|
10. |
Kuranfi
3 dari 20 dan tetap pengurangan 3 dari setiap angka baru secara menurun |
|
√ |
Jumlah |
6 |
4 |
Penilaian:
Salah 0-2 : Fungsi intelektual utuh
Salah 3-4 : Fungsi intelektual kerusakan
ringan
Salah 5-7 : Fungsi intelektual kerusakan
sedang
Salah 8-10 : Fungsi intelektual kerusakan berat
Berdasarkan
pengukuran diatas, klien termasuk kategori fungsi intelektual kerusakan ringan.
d.
Identifikasi
Aspek Kognitif berdasarkan Mini Mental State Examination (MMSE)
Skore |
Orientasi |
|
Maksimum |
Manula |
|
5 |
5 |
Sekarang
(hari), (tanggal), (bulan), (Tahun), (berapa dan musim apa) *beri nilai 1 setiap jawaban |
5 |
5 |
Sekarang
kita berada dimana? (jalan), (no rumah), (kota), (kabupaten), (provinsi) |
Registrasi |
||
3 |
3 |
Pewawancara
menyebutkan 3 buah benda (bola, kursi, sepatu). 1 detik untuk tiap benda.
Kemudian mintalah lansia mengulang ket 3 nama benda tersebut. Berikan nilai 1
untuk setiap jawaban yang benar. Bila masih salah ulangilah menyebutkan nama
benda tersebut sampai lansia dapat mengulanginya dengan benar. Hitung jumlah
percobaan dan catatlah. |
Atensi
dan kalkulasi |
||
5 |
1 |
Hitunglah
berturut-turut selang 7 mulai dari 100 kebawah. Berikan nilai 1 untuk setiap
jawaban yang benar. Berhenti setelah 5 hitungan (93, 86, 79, 72, 65) Kemungkinan
lain, ejalah kata “DUNIA” secara terbalik “A-I-N-U-D” |
Mengingat
kembali (Recall) |
||
3 |
2 |
Tanya
kembali ke-3 benda yang telah disebutkan diatas. Berikan nilai 1 untuk setiap
jawaban yang benar. |
Bahasa |
||
9 |
5 |
a.
Apakah nama
benda-benda ini?Perlihatkan pencil dan arloji. Berikan nilai 1 untuk setiap
jawaban yang benar. b.
Ulangi
kalimat berikut: “Jika Tidak Dan Atau Tapi” Berikan nilai 1 untuk setiap
jawaban yang benar. c.
Laksanakan 3
buah perintah ini: “Peganglah selembar kertas dengan tangan kananmu, lipatlah
kertas itu pada pertengahan dan letakanlah di lantai” Berikan nilai 1 untuk
setiap jawaban yang benar. d.
Bacalah dan
laksanakan perintah berikut: “PEJAMKAN MATA ANDA” e.
Tulislah
sebuah kalimat. Berikan nilai 1 untuk setiap jawaban yang benar. f.
Tirulah
gambar dibawah ini. Berikan nilai 1 untuk setiap jawaban yang benar. |
Skor
Total |
21 |
Penilaian:
Skor nilai
24-30 : Normal
Skor nilai
17-23 : Probable gangguan kognitif
Skor nilai 0-16 : Definitif gangguan kognitif
Berdasarkan identifikasi
aspek kognitif di atas, klien termasuk kategori probable gangguan kognitif.
Klien mengatakan lupa menghitung mundur.
3.
Sosial
1)
Dukungan
Keluarga: Keluarga sangat mendukung klien
2)
Hubungan
antara keluarga: Baik
3)
Frekuensi
kunjungan keluarga: Rumah klien dan anaknya saling berdekatan, sehingga setiap
waktu selalu dikunjungi.
4)
Hubungan
dengan orang lain di dalam dan di luar rumah: Baik, tidak ada masalah.
4.
Spiritual/Kultural
1)
Pelaksanaan
Ibadah: Klien rajin sholat berjamaah di mushola
2)
Keyakinan
tentang kesehatan: Klien mengatakan sehat itu penting
VII.
INFORMASI PENUNJANG
-
VIII.
ANALISA DATA
No |
Data |
Masalah
Keperwatan |
Penyebab |
1. |
· Berdasarkan pengukuran tingkat intelektual, klien termasuk
kategori fungsi intelektual kerusakan ringan. · Berdasarkan identifikasi aspek kognitif, klien termasuk kategori
probable gangguan kognitif. · Klien mengatakan lupa menghitung mundur. |
Perubahan
proses pikir |
Gangguan
fisiologis |
2. |
· Pemeriksaan fisik: Klien mengatakan pinggang kadang-kadang sakit,
mata sakit, dan pandangan kabur. TD: 110/80mmHg, N:78x/menit, RR: 20x/menit, S: 36,4oC · Berdasarkan pengukuran resiko jatuh, klien memiliki resiko jatuh
sedang. |
Resiko
jatuh |
Faktur
usia |
IX.
DIAGNOSA KEPERAWATAN BERDASARKAN PRIORITAS
1.
Perubahan
proses pikir b.d gangguan fisiologis
2.
Resiko
jatuh b.d faktor usia
X.
INTERVENSI ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK
No |
Data |
Diagnosa
Keperawatan |
NOC |
NIC |
1. |
· Berdasarkan pengukuran tingkat
intelektual, klien termasuk kategori fungsi intelektual kerusakan ringan. · Berdasarkan identifikasi aspek
kognitif, klien termasuk kategori probable gangguan kognitif. · Klien mengatakan lupa menghitung
mundur. |
Perubahan
proses pikir b.d gangguan fisiologis |
Tujuan:
Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 2x kunjungan, fungsi kognitif
dapat optimal dengan kriteria hasil: |
1.
Orientasikan
pada waktu, tempat dan orang 2.
Berikan pesan
yang jelas pada klien 3.
Perkenalkan
diri dengan komunikasi yang baik 4.
Berikan waktu
istirahat untuk mengurangi stres 5.
Pilih
aktivitas sesuai dengan kemampuan kognitif klien |
2. |
· Pemeriksaan fisik: Klien mengatakan pinggang kadang-kadang sakit,
mata sakit, dan pandangan kabur. TD: 110/80mmHg, N:78x/menit, RR: 20x/menit, S: 36,4oC · Berdasarkan pengukuran resiko jatuh, klien memiliki resiko jatuh
sedang. |
Resiko jatuh
b.d faktor usia |
Tujuan: Setelah dilakukan tindakan keperawatan selama 2x
kunjungan, resiko jatuh dapat teratasi dengan kriteria hasil: · Klien tidak mengalami trauma · Keseimbangan dan koordinasi klien
baik · Klien mampu menjelaskan
cara/metode mencegah trauma |
1.
Kaji adanya
gangguan penglihatan klien 2.
Monitor ku
klien, kesadaran dan ttv 3.
Libatkan
keluarga dalam memenuhi kebutuhan klien 4.
Pastikan
klien menggunakan alas kaki yang pas dengan sol tidak mudah tergelincir. |
XI.
IMPLEMENTASI DAN EVALUASI ASUHAN KEPERAWATAN GERONTIK
Tanggal&
Waktu |
Diagnosa
Keperawatan |
Implementasi |
Evaluasi |
TTD&Nama
Jelas Perawat |
23/9/2021 16.30 |
Perubahan
proses pikir b.d gangguan fisiologis |
1.
Mengucapkan
salam 2.
Membina
hubungan saling percaya 3.
Mengorientasikan
pada waktu, tempat dan orang 4.
Memberikan
pesan yang jelas pada klien: meminta klien melakukan pengurangan 3, dimulai
dari angka 20 5.
Memperkenalkan
diri dengan komunikasi yang baik 6.
Memberikan
waktu istirahat untuk mengurangi stres 7.
Memilih
aktivitas sesuai dengan kemampuan kognitif klien |
S:
Klien mengatakan hari ini tanggal 23 september 2021, tinggal di sepatnunggal Klien
mengatakan terbiasa ke sawah pagi hari, sorenya untuk istirahat. Klien
mengatakan tidak bisa melakukan pengurangan O:
tampak ada anggota keluarga yang membantu menjawab pertanyaan yang diberikan Klien
tampak bingung A:
Perubahan proses pikir teratasi sebagian P:
Pertahankan intervensi |
Ayu,
S.Kep |
23/9/2021 16.45 |
Resiko
jatuh b.d faktor usia |
1.
Mengucapkan
salam 2.
Mengkaji
adanya gangguan penglihatan klien 3.
Memonitor ku
klien, kesadaran dan ttv 4.
Melibatkan
keluarga dalam memenuhi kebutuhan klien 5.
Memastikan
klien menggunakan alas kaki yang pas dengan sol tidak mudah tergelincir. |
S:
Klien mengatakan mata sakit, pandangan kabur. Kiien
mengatakan biasanya memakai sandal jepit jika keluar rumah. O:
kesadaran compos mentis, TD:110/80mmHg, N:82x/menit, RR:20x/menit, S:36,2oC A:
Resiko jatuh teratasi sebagian P:
Pertahankan intervensi |
Ayu,
S.Kep |
26/9/2021 16.30 |
Perubahan
proses pikir b.d gangguan fisiologis |
1.
Mengucapkan
salam 2.
Menilai
kondisi klien 3.
Mengorientasikan
pada waktu, tempat dan orang 4.
Memberikan
pesan yang jelas pada klien: meminta klien membaca kalimat “Jika Tidak Dan
Atau Tapi” 5.
Memperkenalkan
diri dengan komunikasi yang baik 6.
Memberikan
waktu istirahat untuk mengurangi stres 7.
Memilih
aktivitas sesuai dengan kemampuan kognitif klien |
S:
Klien mengulang kalimat yang diperintahkan dengan baik. Klien
mengatakan terbiasa ke sawah pagi hari, sorenya untuk istirahat. Klien
mengatakan nama saya Tn. D O:
klien melakukan pengulangan kalimat tanpa bantuan keluarga, Klien
mampu memperkenalkan diri A:
Perubahan proses pikir teratasi sebagian P:
Pertahankan intervensi |
Ayu,
S.Kep |
26/9/2021 16.45 |
Resiko
jatuh b.d faktor usia |
1.
Mengkaji
adanya gangguan penglihatan klien 2.
Memonitor ku klien,
kesadaran dan ttv 3.
Melibatkan
keluarga dalam memenuhi kebutuhan klien 4.
Memastikan
klien menggunakan alas kaki yang pas dengan sol tidak mudah tergelincir. |
S:
Klien mengatakan mata sakit, pandangan kabur. Kiien
mengatakan biasanya memakai sandal jepit jika keluar rumah. Keluarga
mengatakan selalu membantu klien dalam memenuhi kebutuhan klien, seperti mengambilkan
makan. O:
kesadaran compos mentis, TD:110/80mmHg, N:82x/menit, RR:20x/menit, S:36,2oC A:
Resiko jatuh teratasi sebagian P:
Pertahankan intervensi |
Ayu,
S.Kep |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar