LAPORAN PENDAHULUAN
KOMUNIKASI PADA LANSIA
Disusun Oleh :
AYU PRAGISTA RAHMAWATI,
S. Kep
NPM : 4012210010
STIKES BINA PUTERA
BANJAR
PROGRAM PROFESI NERS
TAHUN 2020/2021
KOMUNIKASI PADA LANSIA
A. Pengertian Lanjut Usia (Lansia)
Lanjut usia (lansia) adalah seseorang dengan usia 65 tahunatau lebih yang
terkadang menimbulkan masalah sosial, tetapi bukanlah suatu penyakit melainkan
suatu proses natural tubuh meliputi terjadinya perubahan deoxyribo nucleic acid
(DNA), ketidaknormalan kromosom dan penurunan fungsi organ dalam tubuh. Sekitar
65% dari lansia yang mengalami gangguan kesehatan, hidup hanya ditemani oleh
seseorang yang mengingatkan masalah kesehatannya, dan 35% hidup sendiri. Secara
individu, pengaruh proses menua dapat menimbulkan berbagai macam masalah, baik
masalah secara fisik, biologis, mental maupun masalah sosial ekonomi
(Nies&McEwen, 2017; Tamher & Noorkasiani, 2019).
Berdasarkan usianya, organisasi kesehatan dunia WHO mengelompokan usia
lanjut menjadi 4 macam, meliputi :
1. Usia pertengahan (
middle age), kelompok usia 45-59 tahun.
2. Usia lanjut
(elderly), kelompok usia antara 60-70 tahun.
3. Usia lanjut usia
(old), kelompok usia antara 75-90 tahun.
4. Usia tua ( very
old), kelompok usia diatas 90 tahun.
B. Faktor Yang Mempengaruhi
Komunikasi pada Pasien lanjut usia
Komunikasi dengan pasien lanjut usia dapat menjadi lebih sulit dibandingkan
dengan komunikasi pada populasi biasa sebagai akibat dari gangguan sensori yang
terkait usia dan penurunan memori. Orang ketiga juga dapat menjadi bagian dari
interaksi, karena pasien lanjut usia seringkali ditemani oleh anggota keluarga
yang dicintai yang aktif terlibat pada perawatan pasien dan berpartisipasi
dalam kunjungan. Ada banyak faktor lain yang mempengaruhi efektivitas
komunikasi dengan pasien lanjut usia. Pasien lanjut usia sering hadir dengan
masalah yang kompleks dan beberapa keluhan utama, yang memerlukan waktu untuk
menyelesaikannya. Untuk setiap dekade kehidupan setelah usia 40 tahun, pasien
kemungkinan mengalami satu penyakit kronik baru. Sehingga pada usia 80 tahun,
orang kemungkinan memiliki paling tidak 4 penyakit kronis (Vieder et al.,
2002). Faktor lain adalah bahwa pasien lanjut usia umumnya lebih sedikit
bertanya dan menunggu untuk ditanya sesuai kewenangan dokter (Haug & Ory,
1987;Greene et al.,1989). Masalah usia atau dikenal dengan
istilah ageism juga merupakan hal yang lazim dijumpai pada
perawatan kesehatan dan secara tidak sengaja berperan terhadap buruknya
komunikasi dengan pasien lanjut usia (Ory et al., 2003).
C. Kegunaan Komunikasi
Komunikasi berguna untuk pertukaran informasi dan untuk membina hubungan
dengan orang lain, atau dengan kata lain komunikasi merupakan aspek dasar pada
hubungan antar manusia dan merupakan sarana untuk berhubungan dengan orang
lain. Pada pasien lanjut usia berbagai bentuk dari penyakit dan ketidakmampuan
dapat berpengaruh terhadap proses komunikasi dan perawatan kesehatannya,
sehingga diperlukan cukup perhatian dan sikap yang baik untuk proses komunikasi
tersebut Sering kali terjadi bahwa baik pihak keluarga maupun medis melupakan
atau tidak memperhatikan berbagai hambatan yang ada untuk tercapainya
komunikasi yang efektif pada pasien lanjut usia yang akhirnya dapat
mengakibatkan interpretasi yang keliru terhadap pesan yang disampaikan maupun
yang diterima oleh mereka (Smith & Buckwalter, 2015).
D. Komponen pada proses komunikasi
1. Pembicara : Orang
yang menyampaikan pesan.
2. Pendengar : Orang
yang menerima pesan.
3. Pesan verbal : Kata
kata yang secara aktual diucapkan atau disampaikan.
4. Pesan nonverbal:
Kesan yang ditangkap saat kata kata tersebut diucapkan termasukekspresi wajah,
tekanan suara, postur dan sikap tubuh dan pilihan kosa kata yangdigunakan.
5. Umpan Balik :
Respon berupa tanggapan baik verbal maupun non verbal.
6. Konteks : Fisik dan
lingkungan sosial atau pengaturan dalam pesan yang dikirim.
7. Persepsi :
Kemampuan untuk memilih, mengatur, dan menafsirkan informasi indrawimenjadi
dimengerti dan bermakna.
8. Evaluasi :
Kemampuan untuk menganalisa informasi yang diterima, berdasarkanpengalaman dan
pengetahuan masa lalu.
9. Transmisi :
Ekspresi yang sebenarnya dari informasi dari pengirim kepada penerima(pesan
lisan dan pesan nonverbal) (Smith & Buckwalter, 2015).
E. Teknik Umum Untuk Berkomunikasi
Dengan Pasien Lanjut Usia
1. Menunjukkan Hormat
dan Keprihatinan
Komunikasi pasien yang baik didasarkan pada respect atau
hormat kepada pasien dan memahami serta mengapresiasi setiap pasien sebagai
sosok manusia yang unik. Untuk menunjukkan rasa hormat, anda harus menghadapi
pasien secara formal dan menyapa dengan“Bapak” atau “Ibu”, kecuali pasien
sebelumnya telah meminta anda untuk memanggil dengannama pertamanya, dan
hindarkan menggunakan istilah yang merendahkan seperti “manisku”,“sayangku”,
‘cintaku”. Berkomunikasi yang saling bertatap mata dengan duduk di kursi dan
langsung menatap pasien.
Dengan melakukan hal ini, anda menunjukkan perhatian sejati dan aktif
mendengarkan, serta membantu pasien untuk mendengar dan memahami anda secara
lebih baik. Sentuhan lembut di tangan, lengan, atau pundak pasien akan
menyampaikan rasa turut prihatin dan perhatian (Adelman et al.,
2000).
2. Memastikan Bahwa
Pasien Didengar dan Dipahami
Mempertahankan langkah yang tidak tergesa-gesa dan mendengarkan adalah
kunci komunikasi efektif antara pasien lanjut usia dan dokter (Adelman et
al., 2000 ; Ory et al., 2003). Membiarkan pasien lanjut usia
untuk berbicara beberapa menit tentang masalahnya tanpa interupsi akan
memberikan lebih banyak informasi dari pada riwayat pendukung yang terstruktur
cepat. Merasa sedang diburu-buru akan menyebabkan mereka merasa bahwa mereka
sedang Tidak didengarkan atau dipahami (Adelman et al.,
2000). Penelitian menunjukkan bahwa pasien lanjut usia dan dokter sering tidak
sepaham tentang tujuan dan masalah medis yang dihadapi. Komunikasi yang buruk
dapat mengganggu pertukaran informasi serta menurunkan kepuasan pasien
(Greene et al., 1989).
Pada umumnya, anda harus berbicara pelan, jelas, dan keras tanpa berteriak,
menggunakan bahasa dan kalimat yang singkat dan sederhana. Karena pasien lanjut
usia umumnya lebih sedikit bertanya dan menunggu untuk ditanya sesuai
kewenangan dokter, khususnya penting untuk sering merangkum dan memancing
pertanyaan (Adelman et al., 2000;Robinson et al.,
2006).
Strategi Umum Tambahan untuk Memperbaiki Komunikasi dengan Pasien
Lanjut Usia :
1. Menggabungkan data
pendahuluan sebelum perjanjian untuk bertemu, karena pasienpasien lanjut usia
khas memiliki berbagai masalah kesehatan yang kompleks.
2. Meminta pasien
menceritakan keluhannya hanya sekali (yaitu tidak bercerita dulu kepada perawat
atau asisten kemudian baru kepada anda) untuk meminimalkan frustasi dan
kelelahan pasien.
3. Menghindarkan
jargon medis.
4. Menyederhanakan dan
menuliskan instruksi.
5. Menggunakan
diagram, model, dan gambar.
6. Menjadwalkan pasien
lanjut usia terlebih dahulu, karena mereka umumnya lebih siap darisegi waktu
dan secara klinis cenderung kurang sibuk.
Sumber : Adelman et
al., 2000;Robinson et al., 2016
F. Menghindari Ageism
Salah satu hal terpenting yang harus diingat ketika berkomunikasi dengan
pasien lanjut usia adalah menghindarkan ageism. Ageism,
suatu istilah yang pertama disampaikan oleh Robert Butler, direktur
pertama the National Institute on Aging, adalah systematic
stereotyping dan diskriminasi terhadap seseorang karena mereka berusia
lanjut (Butler, 1969). Ageism adalah hal yang lazim pada
perawatan kesehatan dan dapat direfleksikan dalam tindakan seperti meremehkan
masalah medis, menggunakan bahasa yang bersifat merendahkan, hanya memberikan
sedikit edukasi tentang regimen preventif, menawarkan sedikit pengobatan
untukmasalah kesehatan mental, menggunakan panggilan yang bernada menghina,
menghabiskan lebih sedikit masalah psikososial, dan membuat stereotype orang
tua (Ory et al., 2003).
Untuk menghindarkan ageism, mulailah mengenal pasien lanjut usia sebagai
satu pribadi dengan riwayat dan penyelesaian yang jelas. Pendekatan ini
memungkinkan anda untuk menemui setiap pasien lanjut usia sebagai individu yang
unik dengan pengalaman seumur hidup yang berharga bukan orang tua yang tidak
produktif dan lemah (Roter, 2000). Juga penting untuk tidak mengasumsikan bahwa
semua pasien lanjut usia adalah sama. Bisa saja dijumpai “orang berjiwa muda” dengan
usia 85 tahun serta “orang berjiwa tua” dengan usia 60 tahun. Setiap pasien dan
setiap masalah harus diperlakukan dengan unik.
G. Mengenal Kultur dan Budaya
Mengenal latar belakang kultur dan budaya pasien untuk kemudian
mengaplikasikannya dalam komunikasi dokter-pasien lanjut usia juga merupakan
hal penting dalam mempengaruhi persepsi pasien terhadap baik dan berkualitasnya
pelayanan kesehatan yang diberikan dokter (Ong et al., 1995).
H. Tips untuk Komunikasi yang Efektif
dengan Pasien lanjut usia
Strategi Umum :
1. Persiapkan
lingkungan ruang pemeriksaan, memperbanyak penerangan dan menurunkan kebisingan
(mempertimbangkan kemungkinan berkurangnya penglihatan dan pendengaran)
2. Memanggil pasien
dan anggota keluarga dengan sebutan “Bapak” atau “Ibu” dan menghindarkan
sebutan “manis”, “sayang”, atau “cintaku”
3. Bicaralah dengan
pelan, jelas, tanpa berteriak, menggunakan nada yang kalem danekspresi yang
menyenangkan.
4. Gunakan sentuhan
lembut dengan sentuhan ringan di tangan, lengan, atau bahu.
5. Pertahankan langkah
yang tidak tergesa-gesa, membiarkan pasien selama beberapa menit untuk
mengekspresikan masalahnya jika mampu
6. Memastikan bahwa
agenda pasienlah yang anda hadapi
7. Meminta pasien
lanjut usia untuk mengulang kembali setiap instruksi yang penting
8. Memberikan
instruksi tertulis paling tidak dengan huruf berukuran 14.
9. Ingatlah pentingnya
masalah psikososial ketika merawat pasien lanjut usia.
Gangguan Kognitif Pasien
1. Jangan mengabaikan
pasien.
2. Bertanyalah dengan
pertanyaan sederhana yang hanya memerlukan jawaban “ya” atau“tidak” dan bahasa
tubuh sederhana.
3. Ketika melakukan
pemeriksaan, berikan instruksi satu persatu.
Pertemuan dengan Keterlibatan Pihak Ketiga.
1. Persiapkan
lingkungan ruang pemeriksaan dengan 3 kursi dalam bentuk segitiga.
2. Pada mulanya
berikan pertanyaan kepada pasien, kemudian mintalah masukan daripendamping
pasien.
3. Mintalah pasien dan
pendamping pasien untuk mengulang kembali setiap instruksi yang penting.
I. Pendekatan untuk
Berkomunikasi
Ketika berkomunikasi dengan pasien lanjut usia dengan pendengaran yang
berkurang, tataplah pasien sehingga pasien dapat membaca bibir dan menggunakan
isyarat mata. Meminimalkan kebisingan, dan berbicara pelan, jelas, dan dalam
nada yang normal. Berteriak akan menghambat komunikasi, mengubah nada
berfrekuensi tinggi, dan mempersulit pasien untuk memahami kata-kata anda. Jika
suara anda melengking, meredam lengkingan ketika anda berbicara dapat membantu
pasien untuk mendengar anda dengan lebih baik. Ketika memberikan instruksi
untuk medikasi, tes, atau pengobatan, hindarkan untuk bertanya kepada pasien
apakah dia mengerti. Orang dengan gangguan pendengaran mungkin akan menjawab
“ya” tanpa menyadari bahwa mereka belum mendengar apapun atau salah memahami
beberapa informasi.
Pendekatan yang lebih baik untuk mengecek pemahaman pasien adalah dengan
meminta pasien untuk mengulang instruksi (Adelman et al., 2000).
Akhirnya, karena pendengaran memburuk dikemudian hari, appointment yang
lebih awal umumnya lebih baik (Veras & Mattos, 2007). Jika tersedia,
pengeras suara (alat portable yang memperkuat suara dokter dan memancarkannya
ke headphones yang dipakai oleh pasien) diketahui sangat memudahkan komunikasi
dengan pasien yang mengalami gangguan pendengaran (Fook & Morgan, 2000).
Ketika berkomunikasi dengan pasien dengan gangguan penglihatan, lingkungan
klinik dapat diperbaiki dengan memperbanyak pencahayaan, menggunakan
warna-warna kontras untuk membuat objek lebih jelas (mis. kerangka pintu, kursi
yang berada dilantai klinik), dan menggunakan huruf yang besar serta berwarna
kontras untuk setiap tanda. Setiap bahan dengan tulisan harus dicetak paling
tidak dengan huruf berukuran 14 diatas kertas berwarna. Direkomendasikan untuk
menggunakan dua sumber cahaya, pencahayaan untuk latar belakang dan lampu
tertutup (Roter, 2000).
Ketika membahas rencana pengobatan, ingatlah masalah keamanan potensial
yaitu gangguan penglihatan. Sebagai contoh, pasien lanjut usia kadang-kadang
akan meletakkan obatnya dalam satu wadah dan tergantung pada satu warna untuk
mengenalinya. Ini dapat menjadi masalah keamanan, karena banyak obat yang
berwarna putih, biru muda, hijau muda, yang akan terlihat berwarna abu-abu oleh
mata yang telah menua. Warna merah, oranye, dan kuning paling baik dilihat dan
dapat digabungkan kedalam perawatan. Pada contoh lain, pasien yang mengalami
kesulitan memastikan dosis insulin dapat diinstruksikan untuk ditempatkan pada
warna merah diatas meja, yang akan mempermudahnya untuk melihat jarum dan vial.
Kertas kontak berwarna merah dapat dibalutkan pada pegangan untuk berjalan,
tongkat atau tabung oksigen untuk membantu pasien lanjut usia untuk
mengambilnya (Adelman et al., 2000).
J. Hambatan Komunikasi
1. Pasien dengan
Defisit Sensorik
Beberapa pasien menunjukkan defisit pendengaran dan penglihatan yang
terkait dengan usia, keduanya memerlukan adaptasi dalam berkomunikasi.
Penelitian mengindikasikan bahwa 16% – 24% individu berusia lebih dari 65 tahun
mengalami pengurangan pendengaran yang mempengaruhi komunikasi (Crews &
Campbell, 2004 ; Mitchell, 2006).
Bagi mereka yang berusia diatas 80 tahun, jumlah gangguan sensorik
meningkat menjadi lebih dari 60% (Chia etal., 2006). Aging/penuaan
mengakibatkan penurunan fungsi pendengaran yang dikenal sebagai presbyacussis,
yang terutama berkenaan dengan suara berfrekuensi tinggi. Suara berfrekuensi
tinggi adalah suara konsonan yang berdampak pada pemahaman pasien diawal dan
akhir kata. Sebagai contoh, jika anda berkata “Take the pill in the
morning (Minumlah pil dipagi hari)”, pasien akan mendengar vokal dalam
kata tetapi pasien dapat berpikir anda berkata “Rake the hillin the
morning (Dakilah bukit dipagi hari)” (Fook & Morgan, 2000 ;
Ross et al., 2007).
Gangguan visual yang berhubungan dengan usia meliputi reduksi diameter
pupil; lensa mata menguning, yang mempersulit untuk membedakan warna dengan
panjang gelombang pendek seperti lavender, biru, dan hijau; dan menurunkan
elastisitas ciliary muscles, yang mengakibatkan penurunan akomodasi
ketika bahan cetakan dipegang diberbagai jarak. Kebanyakan pasien lanjut usia
mengalami penyakit mata yang menurunkan ketajaman penglihatan (mis. katarak,
degenerasi macular, glaucoma, komplikasi ocular pada diabetes). Lebih dari 15%
orang tua berusia lebih dari 70 tahun melaporkan penglihatannya yang buruk, dan
22% lagi melaporkan penglihatannya hanya cukup untuk jarak tertentu (Crews &
Campbell, 2004). Bagi mereka yang berusia diatas 80 tahun, 30% melaporkan
penglihatannya yang terganggu (Chia et al., 2006).
2. Pasien dengan
Demensia
Amerika Serikat pada tahun 2008 diprediksi memiliki lebih kurang 5,2 juta
penduduk berusia lanjut yang diantaranya menderita beberapa bentuk demensia,
dan jumlahnya diprediksi akan meningkat dua kali lipat pada 30 tahun yang akan
datang (Hingle & Sherry, 2009). Sebagai akibatnya, dokter dapat berharap
untuk menemui lebih banyak pasien demensia dan pasien tersebut datang
berkunjung ke dokter ditemani oleh anggota keluarga atau perawat nonformal lain
(Vieder et al.,2002). (istilah caregiver digunakan
dari point ini untuk merujuk pada setiap orang yang menemani kunjungan yang
merupakan informal caregiver). Penilaian dan pengobatan pasien
lanjut usia dengan demensia juga akan sangat membantu bila melibatkan caregiver (Roter,
2000).
Ada banyak tingkatan demensia, yang memiliki berbagai kesulitan komunikasi.
Pasien pada stadium awal sering mengalami masalah untuk menemukan kata yang
ingin disampaikan, pasien banyak menggunakan kata-kata yang tidak memiliki
makna, seperti “hal ini”, “sesuatu”, dan “anda tahu”. Pada demensia parah,
pasien dapat menggunakan jargon yang tidak dapat dipahami atau bisa hanya berdiam
diri (Orange & Ryan, 2000).
Demensia memiliki efek yang merugikan pada penerimaan dan ekspresi
komunikasi pasien. Sebagian besar pasien mengalami kehilangan memori dan
mengalami kesulitan mengingat kejadian yang baru terjadi. Sebagian pasien
demensia memiliki rentang konsentrasi yang sangat singkat dan sulit untuk tetap
berada dalam satu topik tertentu (Miller, 2008).
3. Pasien yang
Ditemani oleh Caregiver
Karakteristik utama kunjungan poliklinik geriatri adalah adanya orang
ketiga, denganseorang anggota keluarga atau caregiver informal
lainnya yang hadir sedikitnya pada sepertiga kunjungan geriatrik (Roter, 2000).
Meskipun caregiver dapat mengasumsikan berbagai peran,
termasuk pendukung, peserta pasif, atau antagonis, pada sebagian besar kasus, caregiver menempatkan
kesehatan orang yang mereka cintai sebagai prioritasnya. Caregiver sangat
penting untuk sistem perawatan kesehatan lanjut usia. Mereka tidak hanya
membantu dengan nutrisi, aktivitas kehidupan sehari-hari, tugas rumah tangga,
pemberian obat, transportasi, dan perawatan lain untuk pasien lanjut
usia, caregiver membantu memudahkan komunikasi antara dokter
dan pasien serta mempertinggi keterlibatan pasien dalam perawatan mereka
sendiri (Clayman et al., 2005 ; Wolff & Roter, 2008).
Juga merupakan hal penting untuk memperlakukan pasien lanjut usia dalam
konteks atau sudut pandang caregiver-nya agar didapatkan hasil
terbaik bagi keduanya (Griffith et al., 2004).
DAFTAR PUSTAKA
Brunner & Suddarth.2011.Keperawatan Medikal-Bedah edisi 8 volume 1.Jakarta
: EGC
Setyohadi. I. Alwi., M. Simadibrata.,S. Setiati (editor): Buku Ajar
Ilmu Penyakit Dalam, Jilid III, edisi IV, hal. 1425 – 1430. Pusat
Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas
Indonesia, Jakarta
Majerovitz, S.D., Greene, M.G., Adelman, R.D., Rizzo, C. 1994. The
effects of thepresence of a third person on the physician-older patient medical
interview. J AmGeriatr Soc;42:413–9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar